4 Masalah Kesehatan Remaja Indonesia


tanggal : 01-08-2018

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, mengungkapkan beberapa masalah keSEHATan yang dialami dan mengancam masa depan remaja Indonesia. Empat masalah keSEHATan yang dinilai paling sering dialami oleh remaja Indonesia antara lain kekurangan zat besi (anemia), kurang tinggi badan (stunting), kurang energi kronis (kurus), dan kegemukan atau obesitas.

Perlu diketahui bila remaja menurut UU Perlindungan Anak adalah seseorang yang berusia antara 10-18 tahun, dan merupakan kelompok penduduk Indonesia dengan jumlah yang cukup besar (hampir 20% dari jumlah penduduk). Remaja merupakan calon pemimpin dan pengerak pembangunan di masa depan.

Karena itu remaja merupakan masa yang sangat berharga bila mereka berada dalam kondisi kesehatan fisik dan psikis, serta pendidikan yang baik. Di dalam masa remaja terjadi apa yang dinamakan growth spurt atau pertumbuhan cepat, juga pubertas. Pada fase tersebut, terjadi pertumbuhan fisik disertai perkembangan mental-kognitif, psikis, juga terjadi proses tumbuh kembang reproduksi yang mengatur fungsi seksualitas.

Menkes bahwa masa remaja seringkali dianggap sebagai periode hidup yang paling sehat. Hanya saja, pertumbuhan fisik pada remaja tidak selalu disertai dengan kematangan kemampuan berpikir dan emosional. Selain itu, di masa remaja juga terjadi proses pengenalan jati diri, dan kegagalan dalam proses pengenalan diri ini bisa menimbulkan berbagai masalah.


Kotak Saran

maaf, sarana ini belum diaktifkan...



Kontak

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi



Jl. RM Nur Atmadibrata No. 8, Telanaipura, Kota Jambi 36100

Telepon : (0741) 62040, (0741) 63244
Fax : (0741) 62040, (0741) 63244