Tips Sehat Hindari Virus MERS-CoV


tanggal : 16-07-2018

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai oleh jemaah calon haji Indonesia yang akan beribadah haji pada 2018 (1439 H) adalah Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus atau MERS-CoV, di samping penyakit menular lainnya.

MERS-CoV adalah virus baru penyebab penyakit sistem pernapasan yang dapat menimbulkan kematian. Penyakit ini bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita MERS-CoV melalui percikan cairan batuk/bersin.

Orang yang sedang sakit (dalam kondisi kesehatan lemah) juga lansia (orang lanjut usia), anak kecil, atau sedang dalam perjalanan dan pola makannya tidak teratur bisa lebih mudah terjangkit virus ini. Beberapa gejala tertular MERS-CoV antara lain demam, batuk dan bersin, sesak napas, lemah, kemudian diare dan muntah walau gejala yang terakhir ini tidak ditemukan pada semua kasus.

Agar terhindar dari penyakit menular seperti MERS-CoV di Arab Saudi, Kementerian Kesehatan RI mengimbau agar jemaah haji selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan banyak memakan buah serta sayuran. Selain itu, jemaah calon haji juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup, memperbanyak minum, serta menggunakan alat pelindung diri seperti payung, masker, dan sandal serta cuci tangan dengan sabun.


Kotak Saran

maaf, sarana ini belum diaktifkan...



Kontak

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi



Jl. RM Nur Atmadibrata No. 8, Telanaipura, Kota Jambi 36100

Telepon : (0741) 62040, (0741) 63244
Fax : (0741) 62040, (0741) 63244